Panorama Alam dan Budaya Desa Wisata Wawiyai yang Mempesona



07/08/2020



Sebelum masa penjajahan, wilayah berpenduduk disekitar teluk Kabui belum memiliki nama, dan kehidupan masyarakat pada waktu itu belum mengenal adanya agama serta mereka hidup berkelompok sesuai marga masing-masing. Pemukiman cikal bakal kampung Wawiyai pun awalnya adalah bekas kebun dari pasangan suami istri, yakni Amolo Waiganyom dan Byan Kapatlot.





Setelah adanya pengenalan agama, baik Islam maupun Kristen, maka diangkatlah Amolo Waiganyom sebagai Marin atau Kepala Dusun dan beliaulah yang kemudian merangkul dan mengarahkan kelompok-kelompok masyarakat yang tadinya tinggal terpisah agar segera kembali, dan membangun satu perkampungan yang lalu diberi nama menggunakan bahasa Maya, yaitu Twai, Wai atau Yai, sehingga disimpulkan menjadi satu kalimat, yaitu Wawiyai yang artinya kembali.


Kampung Wawiyai terletak di barat laut kota Waisai (ibukota kota kabupaten Raja Ampat) dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam menggunakan speedboat lokal. Kampung Wawiyai ini memiliki potensi kekayaan unsur budaya dan adat istiadat selain tentunya keindahan panorama alam. Hikayat Kali Raja yang merupakan asal-usul legenda Raja-raja di Raja Ampat berada di kampung Wawiyai ini. Untuk menikmati panorama alamnya yang indah, saat ini telah dibangun salah satu spot wisata baru yang diberi nama Marindal View dan dijuluki Piyainemo kecil yang terletak didalam Teluk Kabui.





Marindal View yang berlokasi di kampung Wawiyai, Teluk Kabui pembangunan selesai akhir November 2019 dan terhitung mulai beroperasi dari tanggal 2 Januari 2020 hingga sekarang, dan memiliki akses jalan dan fasilitas penunjang bagi anda dan keluarga. Selain itu, Marindal View juga menawarkan atraksi penyambutan wisatawan dengan tarian adat Manare. Sehingga, bagi anda bersama keluarga yang berlibur ke Raja Ampat namun mempertimbangkan faktor cuaca serta biaya maka pilihan yang tepat adalah Marindal View, karena mudah dijangkau, hemat biaya, bebas dari ancaman cuaca buruk.


Selain menawarkan pemandangan alam panorama teluk Kabui dan sekitarnya yang indah dan menawan dari puncak Marindal View, bagi wisatawan yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam dan budaya serta adat istiadat di kampung Wisata Wawiyai ini, terdapat juga fasilitas homestay lokal yang menawarkan keramah-tamahan khas masyarakat lokal Raja Ampat.