Menikmati Kemerduan dan Keindahan Beragam Burung Ditengah Belantara Rimba Raja Ampat



07/08/2020



Tempat wisata unggulan pengamatan burung (birdwatching) yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Warkesi bekerja sama dengan Tim SMART Patrol Raja Ampat saat ini tengah dikembangkan. Tempat wisata ini berada di Distrik Waigeo Selatan dan masuk dalam kawasan lindung Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat. Potensi dan spot ekowisata didapatkan dari hasil kajian patroli berbasis SMART (Spatial Monitoring And Reporting Tool) yang dilakukan oleh masyarakat Warkesi atas bimbingan dari BBKSDA Papua Barat dan Fauna & Flora International – Indonesia Programme. Bukan hanya dari penampakan yang indah dan elok dari berbagai jenis flora dan fauna yang ditemui, namun kita juga dapat mendengar merdunya kicauan burung saat trekking maupun camping di spot wisata ini.





KTH Warkesi memberikan tawaran yang menarik bagi yang ingin berkunjung untuk menikmati suasana hutan hujan tropis. Wisatawan akan diajak untuk trekking terlebih dahulu sebelum sampai pada lokasi camping. Sensasi menyusuri hutan belantara yang masih asri dan segar dijamin akan menghilangkan rasa penat dan lelah hiruk pikuk kota. Jalur trekking pun dapat dipilih oleh para wisatawan dengan tentunya ditemani oleh pemandu. Wisatawan akan menyusuri jalur perbukitan dengan pepohonan yang menjulang tinggi serta segarnya udara hutan Raja Ampat. Lalu menyusuri aliran sungai-sungai kecil yang jernih menuju lokasi camping.


Lokasi perkemahan (camping ground) oleh pengelola wisata Warkesi ini ditempatkan dan diatur sedemikian rupa yang terletak di tengah hutan serta dikelilingi aliran sungai kecil. Suara dari gemericik air yang mengalir memberikan nuansa nyaman dan tenang. Banyaknya aliran anak sungai di sekitar lokasi perkemahan ini, menciptakan kolam-kolam alami yang bisa digunakan untuk berendam dan membersihkan diri ataupun sekedar untuk mencari ketenangan setelah lelah trekking seharian dan keindahan alam yang tidak ditemui di kota.





Pada malam hari wisatwan dapat mengamati satwa nokturnal atau satwa yang beraktivitas di malam hari seperti ular, katak, tikus, kuskus, kelelawar dan lainnya. Bahkan jika beruntung dapat menemukan hewan-hewan nokturnal yang unik dan jenis endemik Raja Ampat. Wisatawan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengenal dan mengamati secara langsung biodiversitas di sekitar lokasi perkemahan. Selain pengamatan satwa nokturnal, tentu saja aktivitas malam hari bagi peserta camping adalah api unggun. Duduk dan bercengkerama serta menikmati malam indah di tengah hutan, dimana merupakan hal yang juga sulit dilakukan dalam aktivitas di kota.


Tawaran utama dalam area wisata hutan Warkesi yakni wisata birdwatching. Dari lokasi camping terdapat beberapa spot birdwatching yang dapat dicapai dengan banyak pilihan burung-burung yang ingin diamati. Bahkan di pagi hari, lokasi camping ini masuk dalam jalur perlintasan burung-burung yang sedang bermain dan mencari makan. Bagi wisatawan yang hanya mencari ketenangan di tengah rindangnya pepohonan, maka momen menyeruput secangkir kopi panas di pagi hari sambil mendengar kicauan merdu burung-burung Raja Ampat adalah momen yang tidak boleh dilewatkan dalam paket wisata Warkesi ini.


Setelah arahan dan persiapan perlengkapan yang dibutuhkan seperti kamera dan teropong atau binocular, wisatawan menjelajahi jalur trekking dan lokasi pengamatan bersama dengan pemandu. Beberapa jenis burung yang umum dilihat adalah cekakak-pita biasa (Tanysiptera galatea), cekakak torotoro (Syma torotoro), mambruk ubiaat (Goura cristata), perkici pelangi (Trichoglossus moluccanus), cikuakua tanduk (Philemon buceroides), cabai papua (Dicaeum pectorale), elang-alap kelabu (Accipiter hiogaster), dan elang tiram (Pandion cristatus). Burung favorit dan incaran banyak pengamat burung juga dapat dilihat yaitu cenderawasih merah (Paradisaea rubra) dan cenderawasih botak (Cicinnurus respublica) yang merupakan endemik Raja Ampat.


Walaupun masih baru, perkembangan area wisata dari KTH Warkesi ini berinovasi dengan menambahkan aktivitas wisata trekking dan camping yang diharapkan memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan yang menginginkan paket wisata menikmati hutan Raja Ampat. Kedepan, objek wisata ini akan terus mengembangkan potensinya dengan bersinergi dengan menjaga alam, pembatasan kuota wisatawan dan memberikan pemahaman baik kepada wisatawan dan masyarakat Raja Ampat secara khusus akan pentingnya menjaga hutan dan satwa di dalamnya dari segala macam aktivitas ilegal yang cenderung merusak alam Raja Ampat.